JAJANAN KHAS PALEMBANG

7 Kudapan Lezat Khas Palembang

Jajanan khas PalembangKenikmatan kuliner Palembang sudah meluas ke berbagai daerah di Indonesia. Sebut saja pempek yang paling populer, tekwan yang gurih, hingga mi celor yang juga banyak digemari.

Tak kalah populer dengan ketiga makanan tersebut, Palembang sebagai kota tertua di Indonesia ini juga memiliki ragam jajanan khas yang patut kamu coba. Bahkan, beberapa di antaranya pernah menjadi makanan yang hanya disajikan untuk bangsawan tempo dulu.
Berikut kumparan (kumparan.com) rangkum tujuh jenis jajanan khas Palembang yang dapat kamu coba:



1. Kue Maksuba

Image result for kue maksubaMemiliki bentuk yang mirip dengan kue lapis, kue Maksuba menjadi salah satu kue favorit di Palembang. Terbuat dari telur bebek, mentega, gula, dan susu kental manis yang dikukus bergantian tiap lapisnya.



Uniknya, kue ini tidak menggunakan pengembang meski jumlah telur yang digunakan cukup banyak. Dengan cita rasa manis dan legit, kue Maksuba wajib kamu cicipi.


2. Gandus

Image result for GANDUSKue gandus atau talam ebi terbuat dari tepung beras dan tepung kanji. Berbeda dengan kue talam pada umumnya yang bercita rasa manis, kue gandus memiliki cita rasa gurih dan pedas. Kue tradisional yang satu ini disajikan dengan taburan ebi atau abon, potongan seledri, bawang goreng, dan potongan cabai. Lezat!



3. Dadar Jiwo
Image result for dadar jiwo
Jajanan khas Palembang yang satu ini cukup unik. Kue dadar jiwo berisi tumisan pepaya muda yang dibalut dengan kulit dadar. Tak hanya itu, bagian luar dari kulit kue juga diberi topping santan kental yang memperkuat cita rasa gurih dari jajanan ini.





4. Kue Delapan Jam
Image result for kue delapan jamSesuai dengan namanya, kue khas yang satu ini dibuat melalui proses pengukusan selama delapan jam. Hampir mirip dengan kue maksuba, kue delapan jam terbuat dari puluhan telur bebek, gula pasir, mentega dan susu kental manis.

Proses pembuatannya yang cukup lama membuat kue ini bercita rasa manis dan legit dengan aroma yang sangat harum. Tak heran, kue ini kerap disajikan bagi para bangsawan tempo dulu.

5. Dodol Agar
Image result for DODOL AGARMemiliki rasa mirip dengan dodol, kudapan khas Palembang ini terbuat dari campuran agar-agar dan santan. Namun, berbeda pada dodol pada umumnya, dodol agar ini bertekstur padat dan tidak terlalu kenyal. Campuran santan, cokelat bubuk, gula, dan susu kental manis menghasilkan cita rasa manis gurih yang nikmat.


6. Srikaya Ketan
Image result for SRIKAYA KETANTidak menggunakan tepung dalam adonannya, kue ini memiliki rasa manis dan legit yang berasal dari buah srikaya. Campuran telur, gula, dan buah srikaya dikukus hingga matang dan disajikan di atas ketan pulen. Tambahan daun pandan dalam adonan kue membuat aromanya semakin harum dan menggugah selera.


7. Gulo Puan
Image result for gulo puanSatu lagi jajanan khas Palembang yang cukup unik. Terbuat dari gula dan susu, kudapan manis ini hanya bisa dinikmati oleh bangsawan pada zaman dahulu. Susu yang digunakan pun tak sembarangan, tapi menggunakan susu kerbau rawa yang kemudian dicampur dengan gula dan dimasak hingga kental dan kalis seperti karamel kering.
Namun sayangnya, gulo puan sudah jarang ditemukan di pasaran. Jika kamu penasaran ingin mencobanya, maka kamu bisa mencari kudapan istimewa ini di sekitaran Masjid Agung Palembang saat sholat Jumat.


Sumber: https://kumparan.com/@kumparanfood/7-kudapan-lezat-khas-palembang

Comments

  1. Gak sabar nunggu pulang ke palembang

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. enak semua kok. tapi tergantung dari selera masing-masing ya :)

      Delete
  3. Kira kira harga pasaran nya berapa yaa?

    ReplyDelete
  4. Di kota selain palembang ada gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin ada, tapi jarang mbak. karna ini kan khas Palembang

      Delete
  5. Yang paling enak srikaya ketan kayaknya

    ReplyDelete
  6. The Betting On The Best Gambling Sites In Nigeria - Yanaazwar
    It's easy to find a bookmaker in Nigeria. What is the Betting 실시간 바카라 사이트 On The Best Gambling Sites in Nigeria? Here 가입머니 주는 사이트 you will find everything you 바카라 승률 need to find 해외 사이트 an 포커 게임 하기

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog